Blog Yang Membahas Mengenai Sistem Pemerintahan Dalam Tugas Kuliah

loading...
loading...

Macam-Macam Sistem Politik

Tunggu, sedang memuat. . .

Macam-macam Sistem Politik – Sebelumnya saya sudah membahas tentang Sistem Politik Menurut Para Ahli, dan sekarang saya akan membahas tentang Macam-macam sistem politik, macam Sistem politik menurut Almond dan Cileman, khususnya yang banyak berlaku di negara-negara berkembang, yaitu sebagai berikut. 

1. Demokrasi Politik 
Demokrasi Politik adalah suatu sistem politik dimana ada kekuasaan legialatif, eksekutif, dan yudikatif yang berfungsi. Kekuasaan legislatif dipilih secara periodik dalam pemilu yang bebas. Badan tersebut mengontrol eksekutif. Selain itu terdapat macam-macam kelompok dengan kepentingan sama yang otonom, partai-partai politik dan sarana-sarana yang bebas untuk mengemukakan pendapat atau opini. 

2. Demokrasi Terpimpin 
Struktur formal sistem ini dapat dikatakan sama dengan demokrasi politik karena jika ada kesulitan tertentu, maka diusahakan untuk menyesuaikan dengan struktur formal dan pada prakteknya untuk menjalin pemerintahan secara efektif. Dalam hal ini, kekuasaan lebih terkonsentrasi kepada eksekutif dan ikatan kekuasaa neksekutif lebih erat dengan pemerintah dengan ruang gerak terbatas kepada oposisi. Selain itu, pendapat umum didominasi oleh pemerintah. 

3. Oligarki Pembangunan 
Sistem ini digunakan dengan mengingat masalah-masalah mengenai pelaksanaan demokrasi dan perlunya mengadakan modernisasi dengan cepat. Konsentrasi kekuasaan di tangan pemerintah yang dianggap sarat dengan pembangunan dan persatuan. Sistem pengawasan ada di tangan militer dan rezim sipil yang didukung oleh elite yang besar jumlahnya. Parlemen tidak mempunyai kekuasaan lagi dan hanya sebagai persetujuan serta pemberi nasehat rencana peraturan. Tidak ada tempat untuk oposisi. Sebagai pelaksana, kekuasaan tergantung pada birokrasi yang ada. Kekuasaan yudikatif tidak bebas lagi. Militer dan politik bekerja menumpas ferakan bawah tanah. Kampanye dari pemerintah pusat bertujuan untuk memobilisasi penduduk demi persatuan nasional dan melancarkan proyek-proyek pembangunan nasional.

4. Oligarki Totaliter 
Ada kekuasaan kepada rezim totaliter tradisional, seperti rezim fasis di Jerman dan Italia dahulu, serta rezim nasionalis Jepang sebelum Perang Dunia II. Rezim-rezim tersebut tidak mentolerir adanay kekuasaan lain di sampingnya. Elite politiknya mempunyai ideologi yang konsisten dan terperinci untuk menjabarkan sistem pemerintahan. 

5. Oligarki Tradisisonal 
Sistem politik ini peninggalan dari kebudayaan pramodern. Elite dinasti dapat tahan lama karena dapat menghindar dari penjajahan, misalnya negara Ethiophia. Kekuasaan raja mendapat pengesahan karena tradisi, aparat negara terbatas kewajibannya, dan desa-desa tidak mendapat perhatian serta tidak banyak mendapat pengaruh. Pengangkatan jabatan atas pertimbangan pribadi. 

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Macam-macam sistem politik, semoga artikel ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-Macam Sistem Politik