Blog Yang Membahas Mengenai Sistem Pemerintahan Dalam Tugas Kuliah

Sistem Pemerintahan Cina

Tunggu, sedang memuat. . .

Cina atau nama lengkapnya Rakyat Republik Cina (RRC) merupakan sebuah negara terbesar di daratan Asia yang sampai sekarang masih menganut sistem komunis. Dalam perpolitikan, Sistem politik cina lebih condong menerapkan ideologi komunis, dan dalam bidang ekonomi, cina menerapkan sistem ekonomi pasar.
china
Dibawah ini adalah Pokok-pokok Sistem Pemerintahan di Cina :
  1. Bentuk negara adalah kesatuan yang terdiri atas 23 provinsi
  2. Bentuk pemerintahan adalah republik dengan sistem demokrasi komunis
  3. Kepala negara adalah presiden, sedangkan kepala pemerintahan adalah perdana menteri. Presiden dipilih oleh Kongres Rakyat Nasional untuk masa jabatan 5 tahun (biasanya merangkap sebagai Ketua Partai). Sedangkan untuk jabatan Perdana menteri (Sekretaris Jenderal Partai) diusulkan oleh presiden dengan persetujuan Kongres Rakyat Nasional
  4. Menggunakan sistem unikameral, yaitu Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress or Quanguo Renmin Daibiao Dahui) dengan jumlah 2.979 orang. Anggotanya merupakan perwakilan dari wilayah, daerah, kota dan provinsi untuk masa jabatan 5 tahun. Badan ini memiliki kekuasaan penting di Cina dengan anggotanya dari orang-orang partai komunis.
  5. Lembaga negara tertinggi adalah Konggres Rakyat Nasional yang bertindak sebagai badan legislatif.
  6. fKekuasaan yudikatif terdiri atas Supreme Peoples Court, Local Peoples Courts dan Special Peoples Courts. Kekuasaan yudikatif dijalankan secara bertingkat kaku oleh Pengadilan Rakyat di bawah pimpinan Mahkamah Agung Cina.
Bca Juga : Sistem Pemerintahan Jerman

Terimakasih Karena telah berkunjung ke blog saya dan membaca artikel kami yang berjudul Sistem Pemerintah Cina,  semoga artikel tersebut bermanfaat. anda juga dapat membaca artikel lainnya tenang sistem pemerintahan di Blog Aguzs Sudrazat. Salam! 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistem Pemerintahan Cina