Blog Yang Membahas Mengenai Sistem Pemerintahan Dalam Tugas Kuliah

loading...
loading...

Pengertian Pondok Pesantren

Tunggu, sedang memuat. . .

Apakah anda tahu pengertian pesantren? Kebanyakan Orang-orang pesantren pastinya tahu pengertian pesantren, tetapi saya yakin orang-orang yang tinggal di pesantren juga ada yang belum mengetahui apa Pengertian Pesantren tersebut, maka dari itu sekarang saya akan share Pengertian Pondok Pesantren dan juga pengertian pesantren menurut para ahli. 

Pondok adalah suatu tempat untuk mendidik atau mengajarkan agama Islam. Pondok ini merupakan tempat untuk menuntut ilmu dan memiliki asrama khusus bagi santri yang bersekolah di sana terutama yang datang dari luar daerah (Marwan Asaridjo, dkk, 1982, h. 76).

Pesantren berasal dari bahasa sansekerta yang memperoleh wujud dan pengertian tersendiri dalam bahasa Indonesia. Asal kata peasntren adalah sant yang berarti orang yang baik dan tra artinya suka menolong, maka santra berarti orang yang suka menolong atau selalu berbuat baik, tetapi setelah santra mendapat imbuhan pe-an sehingga menjadi pesantren yang menunjukkan arti tempat. Maka dapat diartikan bahwa pesantren adalah sebagai lembaga atau tempat untuk mendidik santri (siswa dan siswi) menjadi individu yang selalu dapat berbuat baik (Mattulada, dkk, 1983, h. 323).

Secara garis besar bentuk pondok pesantren dapat dikategorikan menjadi 2 kelompok yaitu pondok pesantren salafi dan pondok pesantren khalafi.

1. Pesantren Salafi
Pesantren salafi adalah lembaga pesantren yang mempertahankan pengajian-pengajian kitab-kitab Islam klasik (salaf) sebagai inti pendidikan (Dhofer, 1983, h. 33).

2. Pesantren Khalafi (modern)
Pesantren khalafi adalah pesantren yang memasukkan pelajaran umum dalam kurikulum madrasah yang dikembangkan atau pesantren yang menyelenggarakan sekolah umum seperti SMP, SMA dan perguruan tinggi dalam lingkungan.

Nah itulah pengertian Pondok Pesantren Menurut Para ahli, semoga Artikel ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Pondok Pesantren