Blog Yang Membahas Mengenai Sistem Pemerintahan Dalam Tugas Kuliah

loading...
loading...

Sistem Pemerintahan Belgia

Tunggu, sedang memuat. . .

Sistem Pemerintahan Belgia - Belgia  (Kerajaan Belgia) adalah sebuah negara yang terletak di bagian barat benua Eropa. Negara ini merupakan negara anggota pendiri Uni Eropa dan menjadi ibukota Uni Eropa, serta organisasi internasional lainnya termasukNATO.Belgia meliputi wilayah seluas 30.528 km² dan memiliki populasi penduduk sekitar 10,5 juta jiwa.

Terletak di antara dua perbatasan budaya antara daerah Jermanik dan Latin, Belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, Flandria dan Perancis, yang mana sebagian besarnya adalah Walloon dan sekelompok kecil adalah pembicara bahasa Jerman.
belgia
Sistem Pemerintahan Belgia
Ada tiga sistem pemerintahan yang dianut oleh Negara ini, yaitu sistem konstitusional, parlemen demokrasi, dan popular monarki. Sejarahnya dimulai dari abad ke 19, ketika kelompok politik Francofil dan juga ekonomi elite menganggap dan mengelompokan orang-orang Belgia yang menggunakan bahasa Belanda adalah warga negara yang berada pada kelas kedua.

Hal itu pastinya tidak membuat diam warga Belgia berbahasa Belanda. Anggapan ini akhirnya menimbulkan reaksi dari kelompok gerakan Flandria yang ingin agar permasalahan ini tidak terus berlanjut, apalagi selalu dianggap sebagai negara kelas dua. Namun, setelah Perang Dunia II, politik Belgia mulai membaik. Hal ini terjadi karena adanya otonomi diantara kedua populasi di Belgia yang mengguakan bahasa berbeda, yaitu Bahasa Belanda dan juga bahasa Perancis. Oleh karena itulah, sekarang mereka telah menjalin hubungan yang lebih baik dari sebelumnya sampai dengan saat ini.

Sekitar tahun 1970an sampai dengan tahun 1980an, untuk memberikan pengarahan atau mengayomi negara-negara di kerajaan ini agar tidak mempermasalahkan lagi konflik bahasa, sosial, ekonomi, dan kultural, pihak kerajaan membuat semacam reformasi konstitusi. Dulu, parlemen bikameral federal itu terdiri atas berbagai dewan. Dewan ini terdiri atas 40 politikus yang dipilih secara langsung dan sebanyak 21 orang adalah perwakilan yang ditunjuk oleh 3 community parliaments. Kemudian 150 wakil yang datang dari Chamber juga diambil melalui proses pemilihan dengan cara mengikuti propotional voting sistem. Nama Belgia berada pada ranking tertinggi pemilihan di dunia.

Negara ini dipimpin oleh seorang raja. Raja yang sekarang menjabat bernama Albert II. Namun, raja di Belgia tidak memiliki kekuatan penuh untuk melakukan haknya. Artinya,  sebagai seorang raja, mereka hanya memiliki hak yang terbatas. Salah satu hak dari seorang raja yang diperbolehkan adalah memilih sendiri Perdana Mentari dan menteri yang lainnya. Saat ini, menteri yang berasal dari dua negara yang berbeda bahasa ini memiliki hak yang sama, tidak ada lagi sistem dinomor uakan seperti dahulu.
Nah itulah Sistem Pemerintahan Yang dikutif dari situs anneahira.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistem Pemerintahan Belgia